Butuh ide untuk posting? Bagikanlah artikel blogmu (tulis ulang-apa saja) di blog-id.com, namun harus bermanfaat dan tidak spamming anda bebas untuk mempromosikan blog anda di akhir post.

Tulisan Arab Allah Subhanahu wa Ta'ala

adielArafieqadielArafieq Newcomer
sunting Maret 7 dalam Kaidah Tulisan Arab
Tulisan arab allah subhanahu wa ta'ala. Kalimat ini sering kita ucapkan saat kita dalam kehidupan sehari-hari menyebut lafazul jalalah atau menyebut lafaz Allah, di mana setelahnya sering kali atau acap kali kita gandengkan dengan ucapan tasbih atau subhanahu wa ta’ala, lafaz subhanahu wa ta’ala sebenarnya dari segi maknanya bersisi “tanzih” atau penyucian Allah subahanahu wa ta’ala dari segala macam kekurangan, aib, perasangka yang jelek dan berisi pujian serta sanjungan kepada-Nya, sehingga lafaz ini layak digandengkan dengan lafzul jalalah yaitu Allah, dari itu maka kita akan temukan dalam berbagai tulisan selalu ada pujian dan sanjungan kepada Allah saat nama-Nya disebut.

Secara bahasa kata (سبحان) terambil dari kata bahasa arab yaitu (سبح) yang artinya (بعد) yang maknanya “jauh”, sehingga makna kalimat subahnahu wata’ala ini ialah menjauhkan Allah -azza wa jalla- dari segala sifat kekurangan, segala aib, persangaka yang jelek dan persangka yang rusak disertai memuji-Nya dengan pujian yang sempurna. Inilah tulisan arab Allah subhanahu wa ta'ala:

الَلهُ سُبْحَانَهُ وَتَعَالىَ

Di baca “Allah subhanahu wa ta’ala”.
Ibnu Abbas mengatakan : Subhanaalloh : yaitu mensucikan Allah dari segala kekurangan.
Dari Yazid bin al-Asam berkata : “Telah datang seseorang kepada Ibnu Abbas, lantas orang itu berkata : “La ilaha illalloh, kita mengetahuinya bahwa tiada ilah yang berhak disembah kecuali Allah, Alhamdulillh kita sudah mengetahui (makannya) yaitu bahwa semua nikmat datangnya dari Allah dan Allah dipuji atas semua itu, lafaz Allahu akbar juga kita sudah mengetahuinya yaitu makannya tiada yang lebih besar selain Allah, lalu bagaimana dengan (makna) Subhanallah?

Ibnu Abbas setelah itu lantas berkata : Subahnallah adalah kalimat yang dicintai oleh Allah dan Allah memerintahkan para malaikat mengucapnya dan orang-orang baik selalu mengucapnya.”
Dan dari Abdullah bin Buraidah dia menyebutkan bahwa Ali bin Abi Thalib ditanya tentang makana “Subahanallah”, lantas ia berkata : Subahanallah adalah mengagungkan Allah.
Dari Abu Ubaid Ma’mar bin Mutsanna dia berkata : Subahanllah adalah menyucikan Allah dan menyucikan-Nya dari kekurangan. (al-Fatawa 16/125).

Demikian yang bisa kami sampaiakan terkait dengan bahasan mengenai tulisan arab allah subhanahu wa ta'ala.
Masuk atau Mendaftar untuk berkomentar.