Butuh ide untuk posting? Bagikanlah artikel blogmu (tulis ulang-apa saja) di blog-id.com, namun harus bermanfaat dan tidak spamming anda bebas untuk mempromosikan blog anda di akhir post.

Tulisan Amin Ya Mujibassailin

abuNawasabuNawas Newcomer
sunting April 2 dalam Kaidah Tulisan Arab
Tulisan amin ya mujibassailin. Dalam berdoa atau saat berdoa sering kita mendengar ucapan ini : amin ya mujibassailin, jika ada yang bertanya terkait dengan makna ucapan atau kalimat ini dan bertanya pula terkait cara penulisan amin ya mujibassailin, maka kali ini kami akan memberikan jawabannya disertai dengan sedikit penjelasan tentang adab kita saat berdoa.

Tulisan atau cara penulisan kalimat amin ya mujibassailin adalah:

amiin ya mujiibassailin (tulisan dengan tulisan latin bahasa Indonesia)

آمِيْن يَا مُجِيْبَ السَّائِلِيْنَ

(di atas adalah cara penulisannya dengan bahasa arab).

Adapun arti dari amin ya mujibassailin adalah :
kata amin artinya adalah : Ya Allah kabulkanlah (doa kami), adapun kata ya mujibassailin artinya adalah :
kata : “Ya” dalam bahasa arab disebut dengan huruf nida’ untuk memanggil, sedangkan “mujiib” artinya yang maha mengabulkan doa, sedangkan as-sailiin artinya orang yang berdoa.
Jadi kalimat ini ( amin ya mujibassailin) maknanya adalah : Ya Allah kabulkanlah doa kami, wahai dzat yang maha mengabulkoan doa orang-orang yang berdoa.

Berikut ini kami bawakan adab-adab saat berdoa
Adab pertama adalah hendaknya mencari saat-saat atau waktu yg mustajab (waktu dikabulkannya doa).
Dan diantara saat-saat/waktu yg mustajab ialah berdoa di hari Arafah, bulan Ramadhan, saat sore pada hari Jumat & waktu sahur ataupun saat sepertiga malam yang terakhir.
Berdasarkan sabda Nabi -shallallahu‘alaihiwasallam- yang diriwayatakan oleh Imam Muslim bahwa Allah turun kelangit dunia saat sepertiga malam yang terakhir dan berfirman : Siapa yang meminta (saat itu) kepada-Nya maka Allah akan memberinya (mengabulkannya)…

Adab yang Ke-dua yaitu memanfaatkan kondisi / keadaan yg mustajab utk berdoa
Dan diantara keadaan yg mustajab utk berdoa ialah: saat perang, ketika turun hujan, saat sujud, saat antara dua adzan ( waktu antra adzan & iqamah) & saat puasa ketika menjelang berbuka. Ini semua berdasarkan riwayat hadits yang shahih dari Nabi tentang bahwa keadaan-keadaan ini sangat dianjurkan bagi kita untuk berdoa, semua riwayatnya shahih dari Nabi karena diriwayatkan oleh Imam Muslim.

Demikian bahasan tentang tulisan amin ya mujibassailin.
Masuk atau Mendaftar untuk berkomentar.